Kemdikbud Tingkatkan Layanan NISN

Nomor Induk Siswa Nasional

Jakarta — Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota sering mengalami kesulitan mengakses informasi tentang Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Banyak pengaduan yang masuk melalui Gerai Informasi dan Media (GIM) dari dinas pendidikan di berbagai daerah mengenai hal tersebut. Sebagai solusinya, Kemdikbud telah meningkatkan kuota email serta penambahan bandwidth eksternal pada Februari 2013 lalu, serta penambahan jaringan telepon untuk pelayanan.

Kesulitan akses informasi tersebut karena kendala kuota email yang dimiliki Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemdikbud, yaitu hanya sebesar 1 GB, serta kondisi lambatnya jaringan yang tergantung pada Jardiknas. Untuk mengatasi kelambatan tersebut, PDSP Kemdikbud telah melakukan penambahan bandwidth eksternal pada akses internet sebesar 5 MB.

Kemudian PDSP Kemdikbud telah menonaktifkan email nisn.pdsp@yahoo.co.id sebagai email untuk pengajuan permohonan NISN karena terjadi over kuota email dan duplikasi email dengan alamat pdsp@kemdiknas.go.id, sehingga memperbesar dan memperlambat proses penomoran NISN. Karena itu sejak Januari 2013, PDSP hanya mengaktifkan alamat email satu pintu, yaitu pdsp@kemdiknas.go.id . Pengajuan NISN sejak Januari 2013 melalui email tersebut menggunakan formulir A1 yang dapat diunggah melalui website http://nisn.data.kemdikbud.go.id. Informasi tentang pengajuan NISN yang sudah diproses dapat diperoleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan sekolah dengan mengirimkan formulir yang dapat diunggah pada website tersebut.

Siswa juga dapat mengecek langsung apakah NISN mereka sudah ada atau belum, atau apakah sudah sesuai, melalui website http://nisn.data.kemdikbud.go.id dengan memasukkan nama, serta tempat dan tanggal lahir siswa.

Selain itu, pada Januari 2013 lalu, PDSP sudah memiliki Helpdesk NISN bersamaan dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), yang dapat dihubungi pada nomor telepon 021-57905777. Sosialisasi adanya Helpdesk telah dilakukan melalui Data Referensi Kemdikbud, melalui website http://refsp.data.kemdikbud.go.id/ , yang telah lebih dulu disosialisasikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota pada 19 November 2012.

Sementara itu untuk mempermudah dalam menghubungi PDSP terkait NISN, pada awal Maret 2013 PDSP telah melakukan penambahan jaringan telepon pada Helpdesk NISN, dengan nomor 021-57904804. Penambahan bandwidth eksternal serta jaringan telepon tersebut diharapkan bisa meningkatkan layanan Kemdikbud dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait NISN. (DM)

Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1192

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1434 HIJRIYAH

Ada perbedaan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw di SDN Ciasihan 01 kali ini. Alasannya adalah kakak-kakak mahasiswa yang turut mempersiapkan serta mengisi kegiatan ini. Kakak-kakak mahasiswa ini berasal dari UNIVERSITAS PROF. DR. HAMKA yang sedang melaksanakan KKS di Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Kakak-kakak mahasiswa dari Kelompok 5 dan 6 ini saling bahu-membahu dalam mempersiapkan segala yang berhubungan dengan kegiatan ini. Oleh karenanya, kesuksesan acara tersebut adalah tidak terlepas dari peran serta mereka.

Pada kegiatan Peringatan Maulid Nabi Saw kali ini tema yang diusung adalah “Dalam rangka memperingati maulid Nabi Besar Muhammad Saw, mari Kita tingkatkan Iman dan taqwa”. Acara ini diisi dengan ceramah, peragaan busana muslim, qasidahan dan lainnya.

kegmaulidnabi

Foto kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menanamkan pada diri peserta didik akan kecintaan pada Rasulullah Muhammad Saw sebagai tauladan ummat yang baik “Uswatunnhassanah” . Selain itu, salah satu misi sekolah diantaranya adalah melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan dan hari-hari besar nasional. (02/02)

Kegiatan Lomba Menyambut 1 Muharam

Untuk memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1434 Hijriyah, UPTK Kecamatan Pamijahan mengadakan Kegiatan Lomba Siswa dan Siswi se kecamatan Pamijahan.

Perlombaan yang dilaksanakan diantaranya adalah : MTQ, Adzan, Tahfidz Al Qur’an Surat Pendek, Bacaan dan Gerakan Shalat, Cerdas Cermat dan Pidato Peringatan 1 Muharam. Kegiatan ini melalui seleksi mulai dari tingkat sekolah, tingkat gugus untuk kemudian pelaksanaan tingkat kecamatan.

SDN Ciasihan 01 melakukan seleksi tingkat sekolah pada hari Senin (15/10). Seleksi tingkat gugus V – Cibitung Kulon, dilaksanakan pada hari Selasa (16/10) dan Rabu (17/10). Dari sekian jenis perlombaan, SDN Ciasihan 01 menjadi wakil Gugus V – Cibitung Kulon pada kegiatan seleksi tingkat kecamatan yaitu lomba Tahfidz Al Qur’an Surat-surat pendek.

Selayang Pandang

PROFIL

 1.        Profil sekolah

SDN Ciasihan 01 berdiri pada tahun 1979, dengan nomor SK pendirian 1820/PSD/1982. Sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 20201419 ini berdiri di atas tanah seluas 1.554 m2 dengan luas bangunan seluruhnya 584 m2. Status SDN Ciasihan 01 adalah Sekolah Dasar Negeri dan status kepemilikannya adalah Hak Milik Negara. Jumlah bangunan yang dimiliki oleh SDN Ciasihan 01 sebanyak empat unit. Dari keempat unit bangunan tersebut, satu unit merupakan panggung tempat pentas kreasi seni dan budaya serta biasa dipakai oleh siswa sebagai tempat membaca; satu unit gedung perpustakaan; dua unit bangunan lainnya merupakan tempat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang terdiri dari 6 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang kantor, 1 UKS, 6 WC, 1 gudang, 1 ruang operator, serta kantin. Pada tahun 2007, SDN Ciasihan 01 terakreditasi B dengan nilai 73,39. Kemudian, pada tahun 2010 SDN Ciasihan 01 mengajukan untuk diakreditasi kembali. Walaupun, jadwal yang seharusnya adalah tahun 2011. Pada tahun ini nilai akreditasi SDN Ciasihan 01 meningkat dibandingkan tiga tahun sebelumnya. SDN Ciasihan 01 terakreditasi dengan nilai 85,00 dan peringkat akreditasinya adalah B. Letak SDN Ciasihan 01 tidak terlalu jauh dari jalan raya tepatnya berada di Kp. Masigit RT 01/06 Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor.

2.        SDN Ciasihan 01 mempunyai Visi dan Misi

Visi SDN Ciasihan 01 adalah ”Terwujudnya Program Wajib Belajar untuk menghasilkan lulusan yang bertakwa, cerdas, terampil, dan berbudi luhur”

Sedangkan Misi SDN Ciasihan 01 diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan disiplin pegawai
  2. Menekan DO
  3. Melaksanakan kegiatan keagamaan dan hari-hari besar nasional
  4. Mengikuti kegiatan-kegiatan perlombaan

3.        Pendidik dan Tenaga Kependidikan

SDN Ciasihan 01 memiliki tenaga pendidik sebanyak 16 orang yang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang Guru Agama, 1 orang Guru PJOK, dan 13 orang guru kelas. Selain itu, ditambah dengan 3 orang tenaga kependidikan yang terdiri dari 1 orang pustakawan, 1 orang penjaga sekolah dan 1 orang tukang kebun sehingga jumlah total pendidik dan tenaga kependidikan SDN Ciasihan 01 sebanyak 19 orang.